300+ Ucapan Pernikahan Untuk Sahabat, Kakak, Mantan, Islami, Lucu

Adelia Lubis

Ucapan Pernikahan

KKPBalikpapan.id – Ketika kita masih muda, sudah pasti kita sering kali membayangkan bagaimana nantinya pesta pernikahan yang kamu impikan bukan? Kebanyakan orang, sudah pasti memikirkan hal itu, dimana mereka mempunyai impian pada pernikahan masing-masing.

Pernikahan memang salah satu momen yang sangat penting dalam hidup seseorang yang mana kedua insan dapat mengucapkan sebuah janji sehidup semati di mata Tuhan dan juga di mata para saksi yang hadir dalam pernikahan tersebut.

Sebuah pernikahan sudah pasti menjadi salah satu moment yang begitu penting, dan hal ini telah terbukti dengan tidak hanya calon pasangan saja yang menantikan momen istimewa tersebut.

Akan tetapi, semua keluarga dan orang-orang terdekat pun menantikan momen pernikahan tersebut, mulai dari kakek, nenek, ayah, ibu, kakak-adik, sahabat, dan juga teman kita. Bahkan tidak sedikit pula yang banyak dari mereka ikut berlomba dalam membantu mempersiapkan momen pernikahan kita.

Nah!!! Untuk kamu yang mempunyai keluarga, teman ataupun sahabat yang akan menikah, sudah pasti kamu juga harus mempersiapkan sebuah hadiah pernikahan untuk mereka. Hadiah pernikahan sendiri bukanlah hal yang bisa kita anggap remeh karena ini diperuntukkan untuk orang terdepat kita.

Umumnya, dalam memberikan sebuah hadiah sudah pasti kita akan menyelipkan yang namanya ucapan selamat dan juga do’a bagi sang pengantin. Kebanyakan orang akan bingung harus menulis ucapan yang bagaimana dan seperti apa, bahkan tak sedikit pula ucapan selamat pernikahan di kutip dari internet.

Dari situ kita sudah dapat menilai bahwa tidak sedikit orang yang kebingungan dalam membuat ucapan pernikahan untuk diberikan kepada seseorang. Nah, disini KKPBalikpapan hadir untuk membantu kamu dalam menangani masalah ini. Yuk simak penjelasan di bawah ini

Ucapan pernikahan islami

Ucapan pernikahan islami

Perlu kamu ketahui bahwa dalam agama Islam, pernikahan adalah hal yang dianjurkan oleh Rasulullah yang artinya menikah merupakan sebuah sunnah dari Rasulullah untuk umatnya. Jadi, bukan hal yang mengherankan apabila banyak sekali umat muslim yang dengan segera menyegerakan sebuah pernikahan jika mereka sudah mampu.

Pernikahan sendiri adalah momentum yang sangat berharga dalam hidup seseorang yang mana bisa kita katakan sebagai sejarah hidup anak manusia.

Pernikahan adalah momen yang dimana akan ada berkumpulnya para sahabat, teman, saudara, rekan kerja dan juga sebagainya. Dengan kehadiran dari mereka, sudah pasti ini akan menjadi hadiah bagi pasangan yang menikah karena bisa dihadiri serta di rayakan semeriah itu.

Walaupun begitu, sudah pasti kita juga harus tetap bisa memberikan sebuah untaian do’a baik agar pernikahan yang mereka jalani dapat tentram dan damai.

Untuk kamu yang berniat untuk mengucapkan ucapan selamat pernikahan secara islami, maka sangat dianjurkan untuk menggunakan kalimat yang sopan, yang mana isi ucapan tersebut terselipkan sebuah doa dan juga harapan agar pernikahan mereka selalu menjadi berkah baik bagi mereka.

Pasti kamu semua sudah pernah mendengar atau mengucapkan kata sakina, mawadah, warahmah bukan?

Nah, dari ketiga kata tersebut adalah kata-kata yang sering kali di ucapkan oleh tamu undangan untuk mendo’akan sang pengantin.

Benar bahwa ucapan tersebut baik dan mempunyai makna yang baik, akan tetapi jika kita hanya mengucapkan itu saja, rasa-rasanya akan sangat monoton sekali bukan?

Untuk itulah KKPBalikpapan hadir untuk membantu kamu dalam membuat tulisan ucapan pernikahan yang kreatis namun tetap islami dan menggunakan bahasa yang sopan dan enak untuk dibaca dan didengar.

Untuk kamu yang makin penasaran seperti apa sih ucapan pernikahan islami yang unik dan enak untuk dibaca? Simak yuk ulasannya berikut ini:

Anda dapat mengucapkan kalimat

“Barakallahu lakuma wa barak alaikuma yang artinya adalah semoga Allah memberikan kalian kemudahan dan keberkahan yang melimpah atas keberkahan kalian”.

Ucapan pernikahan islami yang di atas ini juga merupakan salah satu contoh kalimat yang sangat di anjurkan oleh Rasulullah apabila ada yang menikah.

Ucapan Pernikahan #1

“Ucapkanlah, ‘Barakallahu lakum wa baraka alaikum’ (mudah-mudahan Allah memberi kalian keberkahan dan melimpahkan atas kalian keberkahan). Demikianlahlah ucapan yang telah Rasulullah SAW ucapkan,”(Hadis sahih riwayat Ibnu Abi Syaibah, Darimi, Nasa’i, Ibnu Majah, Ahmad, dan lain-lain).

Ucapan Pernikahan #2

Doa Rasulullah SAW. kala pernikahan Ali Bin Ali Thalib dan Fatimah.

Doa lainnya sebagai ucapan yang biasa Rasulullah katakan kepada seorang mempelai, yaitu Baarakallahu laka wa baarakaa alaika wa jamaa bainakumaa fii khoir.

Doa ini berasal dari hadis sahih yang telah diriwayatkan Abu Hurairah.

Ucapan Pernikahan #3

Doa Rasulullah yang udah diriwayatkan oleh Abu Hurairah.

Apabila 3 ucapan selamat menikah secara islami di atas dirasa terlalu panjang, Abi dan Ummi punya alternatif lain yang diberikan oleh Rasulullah SAW. dikala menambahkan doa kebaikan kepada Abdurrahman bin Auf. Saat itu, Rasulullah SAW. berdoa, “Baarakallahu laka (semoga Allah menambahkan keberkahan).”

Pendek dan sederhana, namun memiliki banyak makna yang mendalam dan baik. Abi dan Ummi termasuk bisa mengganti nama mempelai laki-laki dan perempuan dengan akhi dan ukhti, apalagi jika memiliki teman sebaya.

Ucapan Pernikahan #4

Ucapan yang diperintahkan Rasulullah SAW.

Doa Rasulullah SAW. ketika pernikahan Ali Bin Ali Thalib dan Fatimah, “Semoga Allah SWT. Menghimpun yang terserak berasal dari keduanya, memberkati mereka berdua, kiranya Allah meningkatkan kualitas keturunan mereka. Menjadikan hal ini sebagai pembuka pintu rahmat, sumber ilmu, sumber hikmah, serta pemberi manfaat bagi umat.”

Ucapan selamat menikah islami adalah sebuah doa baik yang dipanjatkan. Oleh sebab itu, di dalam praktiknya, hendaklah kamu menimang semua perkataan dan ucapan yang dapat kamu memberikan kepada orang lain. Pastikan juga setiap ucapan berikut tetap untuk kebaikan.

Niatkan sepenuh hati dan rangkai kata sebagus mungkin agar siapa saja yang menerima dengan rasa tulus dan penuh senyum, lalu mengatakan, “Amin.”

Baca juga: Ucapan Selamat Ulang Tahun

Ucapan pernikahan untuk kakak

Ucapan pernikahan untuk kakak

Pernikahan sendiri mempunyai makna sebagai hari besar dalam sejarah hidup seseorang dan ini adalah momen yang wajib untuk selalu dikenang dan diingat dengan baik. Selain sebagai momen yang harus dikenang, sudah pasti pernikahan adalah momen penting bagi setiap insan.

Pernikahan adalah acara yang sakral dimana segala macam bentuk persiapan pernikahan tidak dapat di siapkan dalam hitungan hari apalagi jam.

Belum lagi ketika acara lamaran, dimana acara lamaran juga hal yang sangat membutuhkan banyak persiapan apabila ingin lamaran tersebut diadakan dalam balutan pesta yang mengundah banyak tamu dari keluarga ataupun kenalan.

Setelah itu persiapan lain seperti pemilihan WO (wedding organizer), venue, vendor, gaun, dan juga MUA. Wahhh, banyak sekali hal yang harus dipikirkan dan dikerjakan bukan? Oleh sebab itulah, tidak mengherankan apabila mempersiapkan sebuah pernikahan 1 tahun sebelum hari H di mulai.

Nahh, sebagai salah satu anggota keluarga yang baik, sudah pasti kamu harus turut andil dalam persiapan pernikahan saudaramu.

Dengan kamu yang turut dalam mempersiapkan acara tersebut dapat membuat kakakmu merasa bahagia akan bantuan yang kamu berikan, itu saja sudah sangat membantu dia dalam memikirkan dan mengurusi hal persiapan untuk pernikahannya.

Akan tetapi, tetap saja sebagai seorang adik, kamu juga perlu memberikan sebuah hadiah yang berharga pada hari pernikahannya.

Bukan hanya sebuah hadiah saja. Akan tetapi, kamu juga harus memberikan sebuah ucapan pernikahan dimana ucapan itu ditujukan kepada kakakmu sebagai bentuk doa agar kelak keluarga kecilnya menjadi bahagia dan damai sentosa. Penasaran seperti apa sih contoh kalimat ucapan pernikahan untuk kakak? Simak informasinya di bawah ini:

“Selamat menempuh hidup baru untuk kakakku tercinta, saat ini kamu telah menjadi seorang imam yang memiliki sebuah amanah dan juga tanggung jawab yang amat besar untuk istrimu dan anak- anakmu kelak. Tetaplah menjadi pribadi yang selalu memiliki semangat besar untuk senantiasa membahagiakan istri dan anak- anakmu nanti. Semoga Tuhan selalu menjaga, memberikan keberkahan, dan juga kemudahan dalam pernikahanmu.”

*****

“Semoga engkau selalu di berikan kebahagiaan ya kakakku, semoga Allah selalu menuntun kamu dan istri serta anak- anakmu kelak menuju cinta Allah. Semoga juga kakak di berikan anak- anak yang sholih dan sholihah dimana mereka suatu hari nanti dapat membahagiakan kedua orangtuanya dan menuntun kamu dan istri ke surga, Amin.”

*****

“Hai kakkaku tersayang? Bagaimana kabar kakak saat ini? Apakah segala persiapan untuk pernikahan di sana sudah terpenuhi dengan baik? Maafkan adikmu yang nakal ini karena tidak dapat membantu semua persiapan pernikahanmu di sana kak. Semoga semua kelancaran menyertaimu dan semoga pernikahanmu selalu lancar dan diberkahi.”

*****

“Kesibukanku disini untuk menuntu ilmu membuatku tidak dapat datang di momen yang berbahagia untuk kita semua kak. Aku akan berjanji apabila aku akan datang pada acara resepsi pernikahanmu nanti. Semoga kakak dan juga istri kaka selalu diberikan kehidupan yang berkah dan barokah yang damai. Amin.”

*****

“Hai kakaku yang kusayang, selamat atas pernikahanmu ini. Mulai saat ini kamu telah diberikan tanggung jawab yang besar, kini bahumu telah menjadi sandaran bagi istri dan anak-anakmu kelak. Jadilah seorang pribadi pemimpin yang baik dalam memberikan contoh sehingga keluargamu dapat menjadi keluarga yang selalu di cintai oleh Tuhan, Amin.”

*****

“Berbahagialah selalu kakakku, semoga Tuhan selalu memberikan keberkahan kepadamu dan keluarga kecilmu. Semoga kamu segera diberikan momongan yang lucu-lucu agar kelak dapat meramaikan suasana rumahmu. Amin.”

Ucapan pernikahan untuk sahabat

Ucapan pernikahan untuk sahabat

Kalau sudah berbicara tentang pernikahan, memang tidak ada habisnya ya. Karena memang pernikahan adalah momen yang sangat penting dalam hidup manusia, bahkan dengan menikah juga bisa menyempurnakan agama sehingga banyak sekali umat muslim yang dengan segera melakukan sebuah pernikahan apabila mereka telah mampu.

Untuk menggelar sebuah acara pernikahan memang tidak mudah, mengingat dalam sebuah pernikahan akan ada yang namanya persiapan yang jumlahnya sangat banyak. Sudah pasti kamu paham betul mengenai persiapakn pernihakan yang sangat memusingkan kepala.

Nah, apabila ada seorang sahabat kamu yang melangsungkan sebuah pernikahan, maka kamu sebagai sahabatnya harus turut andil dalam persiapan dari pernikahannya bukan? Sebagai seorang sahabat, sudah pasti kamu akan memberikan sumbangsih waktu dan tenaga agar acara pernikahan sahabat kamu dapat berjalan lancar.

Sebagai seorang sahabat sudah pasti kamu juga harus mempersiapkan hadiah yang pas untuk sahabatmu, dan pastinya hadiah yang kamu berikan kepada sahabatmu adalah hadiah terbaik yang kamu berikan untuknya.

Selain sebuah hadiah, selipkanlah juga beberapa ucapan pernikahan untuk sahabatmu dan pastikan juga bahwa ucapan pernikahan yang kamu berikan bukanlah sebuah ucapan yang biasa-biasa saja. Hal ini bertujuan untuk membuat pernikahan sang sahabat jauh lebih berkesan.

Tapi tidak semua orang dapat merangkai sebuah ucapan selamat ulang tahun dengan baik dan benar, oleh sebab itu KKPBalikpapan disini hadir untuk membantu kamu dalam memberikan beberapa contoh tentang ucapan pernikahan untuk sahabat yang bisa kamu gunakan atau kembangkan agar lebih bisa mewakili apa yang jadi harapanmu kelak kepadanya sebagai seorang pengantin.

Berikut ini ulasan tentang ucapan pernikahan untuk sahabat:

“Mengingat masa-masa ketika kita dulu yang kemana-kemana selalu bersama, tetapi saat ada di atas pelaminan kita tidak bersama. Akan tetapi, kebahagiaanmu juga kebahagiaanku sobat. Semoga pernikahanmu dapat menjadi ladang ibadah untukmu dan istrimu. Selamat menempuh hidup baru sahabatku terbaik.”

*****

“Kini kau sudah menjadi seorang istri, jangan pernah lupa untuk selalu berbakti kepada suamimu. Jadilah seorang ibu yang baik untuk anak-anakmu kelak. Semoga kehidupan pernikahanmu selalu di berkahi akan kebahagiaan hingga ajal menjemput, Amin.”

*****

“Pada akhirnya takdir telah menentukan jalan untuk kalian sebagai pasangan sehidup semati. Semoga dengan pernikahanmu ini menjadikan kebersamaan yang bisa menggapai taqwa dan kebahagian sejati. Pernikahan adalah sebuah jalinan yang suci sehingga menjadikan hidupmu jauh lebih damai dan berarti. Jadikan perjalanan rumah tangga kalian penuh dengan cinta dan kasih sayang. Semoga kalian berdua selalu hidup dengan dekapan bahagia, Amin.”

*****

“Pernikahan bukanlah akhir dari sebuah perjalanan cinta kalian, bahkan pernikahan adalah awal dari perjalanan hidup kalian berdua untuk mempertahankan jalan cinta kalian. Sebuah awal yang baik dan membahagiakan dalam kehidupan berumah tangga, semoga pernikahan kalian berdua selalu di lingkupi dengan rasa kebahagiaan dan keberkahan dari Tuhan, Amin.”

*****

“Cinta merupakan sebuah perasaan yang sangat indah dan keindahan dari cinta dapat dibuktikan dengan jalinan pernikahan. Selamat menikah teruntuk sahabatku sejati, semoga kehidupan dari pernikahanmu di lingkupi dengan rasa kebahagiaan dan diberikan anak-anak yang lucu dan berbakti kepada orangtuanya, Amin.”

*****

“Hanya untaian harapan dan doa yang baik yang dapat aku berikan kepada sahabatku. Semoga dengan terjalin sebuah ikatan cinta ini menjadikan pribadi diantara kalian semakin kuat untuk saling percaya dan bertahan dari terpaan suka dan duka dalam rintangan hidup rumah tangga kalian, Amin.”

Ucapan pernikahan untuk mantan

Ucapan pernikahan untuk mantan

Apabila kamu mempunyai mantan kekasih yang akan menikah pasti perasaan dalam hati akan merasa kesal, marah dan sebagainya. Tetapi sebagai seorang yang memiliki “jiwa besar” kita harus dapat memaafkan semua tindakan yang pernah menyakiti kita dan kita harus bisa merasa bahagia karena mantan yang sekarang menjadi teman kamu telah menemukan pasangan yang tepat (bukan berarti kamu tidak tepat, tetapi belum menemukan yang namanya kesamaan dalam dalam berpikir dan sebagainya). Cinta tidak bisa kita paksa untuk saling sejalan tetapi cinta ada untuk saling berselarasan.

Nah, sebagai mantan yang baik sudah pasti kamu harus bisa memberikan hadiah kepada mantan kamu tersebut. Jangan lupa juga untuk menyelipkan sebuah ucapan pernikahan dan doa untuk sang mantan. Bingung ucapan selamat pernikahan untuk sang mantan? Kamu bisa simak informasinya di bawah ini!

“Hatiku juga merasakan sebuah kebahagiaan ketika melihatmu dapat berbahagia dengan bersanding duduk ceria dengan orang lain yang mencintaimu sampai di pelaminan. Selamat menikah dan selamat menempuh hidup baru yang teman. Semoga Tuhan selalu memberkahimu di dalam rumah tanggamu, Amin.”

*****

“Mungkin aku adalah salah satu dari orang yang sangat bahagia atas pernikahanmu, dari sekian lama kamu menanti maka hari ini adalah awal dari sebuah kebahagian sejati untukmu dan pasanganmu. Semoga kalian dapat selalu dilimpahi kebahagiaan, Amin.”

*****

“Akhirnya kamu sudah menemukan orang yang tepat dan kamu cintai untuk bisa bersanding di sampingmu. Semoga rumah tanggamu selalu kuat dalam menghadapi berbagai macam suka dan duka kehidupan. Selamat menempuh hidup baru dan selalu bahagia.”

*****

“Pernikahan merupakan pintu awal dalam memasuki tahap kehidupan yang selanjutnya, dan kamu kala ini baru saja memasuki pintu tersebut. Penuh dengan keikhlasan dan ketulusan hati untuk kupanjatkan doa, semoga kehidupan rumah tanggamu berjalan dengan bahagia dan menjadi keluarga yang sakinah, mawadah, warahmah, Amin.”

*****

“Janur kuning telah melengkung, dan itu merupakan tanda bahwa kamu telah menemukan pendamping terbaik di dalam hidupmu. Semoga keluarga kecilmu menjadi keluarga yang sakinah, mawadah, warahmah. Semoga disegerakan untuk mendapatkan momongan yang dapat membanggakan orang tua, Amin.”

*****

“Selamat untuk menempuh hidup baru ya temanku, semoga keluargamu selalu dilimpahkan cinta dan kebahagiaan. Semoga pernikahanmu menjadi sebuah pernikahan yang sakinah, mawadah, warahmah yang sebagaiman pernikahan dari Ali bin Abi Thalin dan Fatimah Az-zahra, Amin.”

Ucapan Pernikahan Bahasa Inggris

Ucapan Pernikahan Bahasa Inggris

Ketika seseorang memberikan ucapan pernikahan atau happy wedding, kepada orang lain, itu merupakan sebuah momen yang paling berharga dan berkesan dalam hidup orang tersebut. Sudah pasti kita juga berharap sebaliknya ketika kita menikah, orang lain juga memberikan sebuah ucapan selamat atas pernikahan kita adalah sebuah kebanggaan dan kesan menyenangkan yang tidak bisa untuk dilupakan.

Saling berbagi ucapan selamat menikah akan dapat menyebabkan hubungan pertemanan ataupun persaudaran semakin akrab dan erat. Apabila kamu mengalami sebuah kesusahan untuk merangkai sebuah kata-kata tentang ucapan pernikahan, KKPBalikpapan dengan senang hati membantu kamu.

Berikut ini beberapa kumpulan mengenai ucapan selamat pernikahan dalam bahasa Inggris serta artinya yang semoga saja dapat membantu dan menginspirasi kamu.

Finally, the much awaited day has come. As you two are about to start a journey of togetherness, we wish that you love each other unconditionally until the end of time.

“Akhirnya, hari yang ditunggu-tunggu telah tiba. Saat kamu akan memulai perjalanan kebersamaan, kami berharap kamu saling mencintai tanpa syarat hingga akhir zaman.”

Congratulations on this big day! We are honored to be a part of this special occasion and watch the blossoming love between our two special friends transcend to eternity. May your love and commitment for one another deepen and grow stronger with each passing day.

“Selamat atas hari besar ini! Kami merasa terhormat untuk menjadi bagian dari acara istimewa ini dan menyaksikan cinta yang berkembang di antara dua teman istimewa kami melampaui keabadian. Semoga cinta dan komitmen kamu untuk satu sama lain semakin dalam dan tumbuh lebih kuat setiap hari.”

Let this occasion mark the start of another journey. May the life ahead be a cheerful one with love, happiness, excitement, joy and peace. May this everlasting love be like that of a crown jewel which will tie all the bonds together. Hearty wishes to the loveliest couple.

“Biarkan kesempatan ini menandai awal dari perjalanan lain. Semoga hidup yang akan datang menjadi ceria dengan cinta, kebahagiaan, kegembiraan, sukacita dan kedamaian. Semoga cinta abadi ini seperti cinta permata mahkota yang akan mengikat semua ikatan. Keinginan tulus untuk pasangan terindah.”

Treat your marriage like that of a cake tasting event and try to value every note, touch, simplicity and season of your wedding in order to make it loving, passionate and enthralling. Congratulations.

“Perlakukan pernikahan Anda seperti acara mencicipi kue dan cobalah untuk menghargai setiap nada, sentuhan, kesederhanaan dan musim pernikahan Anda untuk membuatnya mencintai, bersemangat dan memikat. Selamat.”

Congratulations, dear friends! Wishing you a happy plus healthy family, a huge house along the way plus generations of beautiful children!

“Selamat, Untuk kawan ku! Semoga kamu Bahagia dan keluargamu sehat, Sebuah tempat tinggal di perjalanan panjang dan generasi yang indah dari anak anakmu”

May your marriage always and with happiness and love. Hopefully love still will remain strong in the face of trails in your married life, Amen.

“Semoga pernikahamu selalu di berkahi oleh kebahagiaan dan cinta. Semoga cinta akan tetap kuat dalam menghadapi kehidupan pernikahan kalian, Amin.”

Ucapan pernikahan bahasa Arab

Ucapan pernikahan bahasa Arab

Ketika kamu datang di sebuah pesta pernikahan dari sahabat, saudara, teman, ataupun tetangga. Maka akan menjadi hal yang umum apabila kamu memberikan sebuah untaian ucapan selamat dan panjatan doa baik bagi pengantinnya.

Pada umumnya, sebuah ucapan pernikahan ini akan di tulis dan di selipkan pada hadiah pernikahan. Biasanya terdapat ucapan pernikahan yang di buat menggunakan bahasa Indonesia ataupun bahasa Inggris.

Nahhh! Sudah pasti kamu perlu membuat sebuah ucapan yang unik dan berbeda dari yang lainnya, sehingga kamu perlu lebih kreatif lagi dalam membuat sebuah ucapan pernikahan.

Ucapan pernikahan pada umumnya ialah sebuah doa untuk calon pengantin, jadi sangat dianjurkan oleh KKPBalikpapan kepada kamu untuk membuat ucapan selamat menikah disertai dengan doa.

Doa merupakan hal yang sangat dianjurkan untuk para pengantin, apalagi teruntuk umat muslim yang nantinya wajib mengucapkan doa bagi seseorang yang menikah agar pernikahan tersebut selalu di berkahi oleh Allah SWT. Sudah pasti kamu akan merasa kebingungan untuk menulis sebuah ucapan pernikahan yang seperti itu.

Bagi kamu yang merasa kebingungan akan hal tersebut, kamu bisa mencontoh atau menggunakan atau bahkan mengimprovisasi contoh-contoh ucapan selamat ulang taun dalam bahasa Arab di bawah ini.

Dulu, ketika masa Nabi ternyata ada doa yang baik dipergunakan namun tidak dianjurkan oleh Nabi. Doa tersebut adalah “semoga bahagia dan di berkali banyak anak”.

Meski doa tersebut baik bagi pengantin, namun doa tersebut teryata tidak di setujui oleh Nabi. Dan Nabi sangat menganjurkan untuk mengucapkan sebuah doa pernikahan seperti ini “barakallahu laka wabaaraka alaikuma wa jamaa bainakumaa fii khoir”.

Yang mana doa ini terdapat pada hadist riwayat Abu Hurairah yang sudah terbukti ke shahihannya. Doa pernikahan ini mempunyai arti, mudah-mudahan Allah selalu memberikan keberhakan-Nya kepadamu baik ketika saat senang ataupun susah, dan akan selalu mengumpulkan kalian pada kebaikan.

Doa ini memang merupakan doa yang sangat dianjurkan oleh Nabi kepada umatnya apabila ada orang yang tengah melaksanakan pernikahan.

Pastinya kamu penasaran kenapa setiap ada yang menikah kita selalu dianjurkan untuk mendoakan keberkahannya.

Hal ini disebabkan karena berkah ialah tetap berada pada jalan yang benar di dalam keadaan apapun juga. Berkah bukanlah sebuah perkara susah dan senangnya, namun sebuah kesabaran dan juga rasa syukur.

Doa untuk sebuah ucapan pernikahan bagi pengantin juga ada lagi dimana doa ini adalah anjuran dari Nabi. Doa tersebut ialah “allahumma baarik lahum fiimaa razaktahum wa aghfir lahum wa arkhamhum” yang mempunyai arti, ya Tuhanku (Allah) selalu berkahilah apapun yang telah Kau berikan kepada mereka, ampunkanlah mereka dan sayangkanlah mereka. Doa ini diperuntukkan untuk pengantin yang telah di riwayatkan oleh Muslim.

Ucapan selamat menikah

Ucapan selamat menikah

Ada banyak sekali orang yang berpikiran tentang lebih baik melaksanakan sebuah pernikahan pada usia yang matang dan juga sudah mempunyai pekerjaan atau sebuah usaha yang mapan. Akan tetapi, pada saat itu tanpa disadari umur berapakah kamu? Sudah pasti umur kamu tidak akan muda lagi.

Sebenarnya pernikahan dapat terlaksana ketika kamu melakukan dengan segera apabila memang kamu sudah mempunyai kesiapan bahkan pada usia muda sekalipun. Apalagi di dalam agama Islam jika memang sudah mampu dan juga mapan, maka sangat dianjurkan untuk menikah walau mempunyai umur sekitar 20 tahunan.

Kenapa begitu? Hal ini disebabkan karena pernikahan adalah suatu hal kebaikan dalam ibadah dimana menikah adalah bentuk usaha untuk menyempurnakan agama yang sudah sepatutnya kita berikan ucapan selamat yang baik-baik bagi orang yang menikah. Usahakan untuk selalu mengucapkan selamat yang disertai dengan doa untuk pasangan tersebut agar kehidupan rumah tangga mereka tetap kuat dalam keadaan apapun juga.

Kebanyakan orang akan mengalami kebingungan ketika ingin mengucapkan apa pada saat ada orang terdekat menikah sehingga umumnya ucapan selamat menikah dapat di tulis pada sebuah kertas memo kecil yang bisa diberikan bersama dengan hadiah.

Tidak hanya itu, banyak sekali orang yang mengucapkan selamat menikah dengan cara yang monoton, sehingga tidak memiliki sebuah kesan yang mendalam dan khusus untuk pengantin.

Nah, agar kamu tidak kebingungan dalam membuat sebuah ucapan pernikahan, kamu bisa menyimak referensi ucapan menikah berikut ini!

“Selamat hidup baru teruntuk kawanku yang tengah berbahagia, semoga dapat selalu bahagia bersama dengan pasangan dan anak-anakmu kelak. Semoga cinta di antara kalian berdua akan tetap selalu kuat dan terus bertambah kuat saat bertambahnya usia, Amin.”

*****

“Teruntuk kawanku yang selalu ada di setiap waktu duka dan suka bersamaku. Hari ini adalah hari yang paling berbahagia untukmu, dimana kamu dapat bersanding dalam tangkupan pelaminan bersama dengan orang yang kamu cintai. Tentu hari ini adalah hari yang selalu kamu nantikan selama ini. Selamat untuk kawanku, semoga kehidupan barumu ini selalu dibgerkahi dengan kebahagiaan dan cinta kasih, Amin.”

*****

“Kuucapkan sebuah untaian kata selamat kepada temanku yang telah menempuh kehidupan baru bersama dengan pasangan yang dicintai. Jangan pernah kamu menyakiti pasanganmu dan buatlah dirimu dan istrimu selalu bahagia dalam balutan rumah tangga. Hanya doa terbaik yang dapat aku panjatkan untuk keluargamu disana.”

*****

“Selamat menikah untuk kakakku yang cerewet, jangan sampai kamu lupa untuk selalu memberikan yang terbaik kepada pasanganmu. Apabila kalian menghadapi sebuah masalah, selesaikanlah masalah tersebut dengan kepala dingin dan penuh kesabaran. Semoga kakakku yang cerewet disana selalu berbahagia dengan pasangannya, Amin.”

*****

“Selamat atas pernikahannya ya Akhi, sekarang kamu adalah imam dari keluarga kecilmu, maka jadilah seorang imam yang baik bagi istri dan anak-anakmu kelak sehingga kehidupan keluargamu akan selalu penuh dengan ridho dan cinta dari Allah SWT.”

Ucapan happy wedding

Ucapan happy wedding

Menikah adalah salah satu bentuk ibadah yang di sukai Allah karena menikah juga bagian dari Sunnah Rasulullah. Dan hal ini dapat diartikan bila ketika seseorang menikah maka tidak perlu lagi merasa cemas akan dosa apabila saling berdekatan karena status halal telah di dapatkan di mata Tuhan dan negara.

Selain itu, pernikahan juga bisa menghindarkan kita dari pergaulan bebas.

Apabila ada orang yang dekat dengan kamu menikah, sudah pasti kamu wajib memberikan sebuah hadiah sebagai bentuk penghargaan terhadap perayaan tersebut. Dapat dipastikan juga bahwa kamu akan memberikan sebuah ucapan pernikahan pada hadiah yang akan kamu berikan kepada mereka yang menggelar acara pernikahan.

Sudah pasti kamu ingin memberikan sebuah hadiah dan ucapan selamat yang spesial untuk orang terdekat kamu. Oleh sebab itu, kamu dapat membuat sebuah ucapan happy wedding sendiri. Akan tetapi, apabila kamu memang masih kebingungan, maka kamu bisa membaca informasi mengenai ucapan happy wedding di bawah ini.

“Akhirnya pintu kebahagian sejati telah kamu dapatkan, kamu telah menemukan tulang rusukmu yang telah lama hilang. Aku juga merasakan kebahagian ketika melihatmu bahagia. Semoga pernikahanmu akan selalu dipenuhi dengan rasa cinta dan kasih sayang hingga maut menjemput.”

*****

“Selamat atas pernikahan untuk kalian berdua ya, semoga Tuhan selalu memberikan keberkahan dalam hidup kalian. Semoga kalian berdua dapat selalu bersama dalam duka dan suka, dan selalu diberikan cinta kasih sayang yang kuat dan teguh.”

*****

“Happy wedding untuk kalian berdua, semoga Allah selalu memberikan berkah untuk kalian dan keluarga kecil kalian nanti. Semoga kalian bisa selalu bersama walau terpaan badai yang sudah pasti akan menerpa kehidupan rumah tangga kalian, Amin.”

*****

“Cinta memang tidak akan bisa mengenal apa dan juga siapa. Seperti halnya dirimu, dulu dirimu merupakan wanita yang polos, namun saat ini kamu sudah menjadi seorang istri. Penuhilah segala kewajibanmu selama menjadi seorang istri dan jadilah ibu yang baik untuk di contoh oleh anak-anakmu kelak.”

*****

“Happy wedding teruntuk sahabatku tersayang. Apabila kita mengingat kenangan masa lalu yang selalu bersama seperti pergi ke mall, kuliah, bahkan ke salon juga. Akan tetapi, saat ini kamu telah berdiri di pelaminan dengan seorang pangeran yang tulus mencintaimu membuat diriku sangat bahagia menyaksikannya. Semoga pernikahanmu selalu diberikan keberkahan dan cinta kasih hingga maut yang dapat memisahkan kalian berdua, Amin.”

Kata-kata mutiara pernikahan

Kata-kata mutiara pernikahan

Memang benar bahwa pernikahan adalah salah satu hal yang sangat penting bagi kehidupan dan juga bisa di pastikan bahwa setiap pasangan yang akan menikah akan selalu melakukan yang namanya persiapan pada segala macam hal yang bertujuan untuk memperlancar jalannya proses pernikahan tersebut agar sesuai dengan harapan.

Sama halnya dengan kamu yang ingin memberikan bantuan persiapan atas pernikahan keluarga, sahabat ataupun teman. Momen yang seperti inilah yang nantinya akan menjadikan dirimu turut langsung dalam mempersiapkan acara kebahagiaan orang yang kamu sayangi.

Sebagai hari bahagia untuk orang terdekat, maka kamu pun harus bisa memberikan sebuah hadiah dimana hadiah tersebut dapat memberikan sebuah kesan tersendiri bagi para pengantinnya.

Kamu juga perlu memberikan sebuah kata-kata mutiara pernikahan pada hadiah tersebut agar orang yang menikah semakin berkesan atas apa yang kamu beri.

Kebanyakan orang akan merasa bingung ketika ingin memberikan kata-kata mutiara pernikahan, karena memang tidak terbiasa dalam membuat kata-kata mutiara apalagi untuk sebuah memon yang sakral seperti pernikahan. Nah, apabila kamu merasa bingung, maka kamu bisa menyimak informasi tentang kata-kata mutiara pernikahan yang sudah KKPBalikpapan siapkan untuk dijadikan referensi atau bisa kamu gunakan langsung di bawah ini.

“Cinta dari dua belahan insan adalah hal yang terbaik yang pernah ada, sebab cinta inilah yang menjadikan iman dari seseorang terbangkit untuk menjadi lebih baik.”

*****

“Hakikatnya, aku tidak menyukai cincin yang diberikannya, karena aku sangat menyukai dia karena dia dapat membimbingku ke surga-Nya.”

*****

“Aku cinta kamu karena Allah, ketika aku memberikan nafkah kepadamu itu adalah pemberian dari-Nya. Maka sebaiknya kita untuk selalu bersyukur atas pernikahan dan apa yang diberikan untuk kita.”

*****

“Sangat di anjurkan untuk menikah dengan orang yang takut kepada Allah, karena kelak pastinya pasanganmu akan selalu memperlakukanmu dengan sangat baik. Sebab ia sangat sadar bahwa Allah yang menyatukan kamu dengan jodohmu.”

*****

“Sebuah pernikahan yang bahagia dan sukses adalah bukan karena kamu hidup bersama dengan pasangan yang kamu sayangi, namun karena kamu tidak akan bisa damai dan bahagia karena tidak bersama dirinya.”

*****

“Seorang suami yang miskin akan harta akan merasa seperti seorang raja ketika mempunyai istri yang sholihah.”

*****

“Imam yang baik sudah pasti tidak akan pernah menjauhkan kamu dari Tuhan, tetapi ia akan selalu membimbing dan mengajakmu untuk selalu bersujud dan berdoa atas kehidupan rumah tanggamu.”

*****

“Cinta diantara kamu dan pasanganmu tidak akan pernah redup walau itu harus terpisahkan oleh maut sekalipun. Karena nantinya, atas kehendak Allah, cinta diantara kalian akan dipersatukan kembali di surga.”

*****

“Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, setiap para wanita yang meninggal namun terdapat suami yang bahagia saat bersama dengan dirinya maka wanita tersebut akan mendapatkan surga. H.R Tirmidzi. Maka dari itulah, jadilah istri yang menyenangkan bagi suamimu agar kamu dapat mendapatkan surganya kelak.”

*****

“Cinta terlarang akan berahkir ketika terjadinya sebuah pernikahan, akan tetapi pernikahan adalah langkah awal dari kisah cinta sejati yang mana akhirnya dapat menuntun kedua insan ini memasuki surga bersama.”

Ucapan pernikahan lucu

Ucapan pernikahan lucu

Siapa saja pasti ingin pernikahan mereka dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan yang diinginkan. Oleh sebab itu, melakukan sebuah persiapan untuk pernikahan memang harus benar-benar matang, dengan begitu pernikahanmu dengan pasanganmu pun dapat berjalan dengan baik tanpa adanya kendala.

Persiapan untuk pernikahan yang dimaksud seperti dana yang cukup, cincin mas kawin, hidangan makanan tamu, dan yang tidak kalah pentingnya juga adalah tempat pernikahan itu sendiri.

Untuk kamu yang mempunyai saudara, sahabat, ataupun tetangga yang tengah mempersiapkan acara pernikahan sudah pasti kamu akan turut membantu dalam melakukan persiapan pernikahannya bukan? Nah, dengan kita membantu dalam proses persiapan pernikahan ini, maka secara langsung kita dapat membantu menyempurnakan acara pernikahan tersebut.

Karena orang yang akan menikah adalah orang yang dekat dengan kita, maka kita juga harus memberikan sebuah hadiah pernikahan terhadap mempelai. Nah, di dalam hadiah sudah pasti ada nama kamu sebagai pemberi hadiah bukan? Agar hadiah itu tidak terkesan monoton, kamu bisa menuliskan sebuah ucapan pernikahan yang lucu dimana nantinya akan dapat membuat sang mempelai terkesan dengan ucapan yang kamu berikan.

Umumnya, ucapan pernikahan tersusun dari kata-kata nasehat untuk pengantin. Agar bisa beda dari yang lainnya, kamu bisa menggunakan ucapan pernikahan lucu.

Dan inilah beberapa contoh ucapan pernikahan lucu yang telah KKPBalikpapan siapkan untuk kamu.

“Dulu kita selalu bersama dalam berbagai macam hal seperti ke mall, ke salon bersama, nongkrong bersama dan bahkan ke kamar mandi umum pun bersama. Tetapi saat duduk di pelaminan kok tidak bersama. Walau begitu, aku akan selalu mendoakan yang terbaik untuk dirimu dan pasanganmu hai sahabatku tersayang.”

*****

“Ternyata mitos soal orang baik akan menikah duluan ternyata benar adanya. Dan hal ini telah dibuktikan oleh kamu yang menikah duluan daripada teman-teman yang lain. Intinya, selamat menempuh hidup baru dan semoga selalu diberhaki dengan kabahagiaan dengan pasangan dan anak-anakmu, Amin.”

*****

“Padahal dulu kamu adalah salah satu anak yang paling polos dan tidak banyak tingkah, tapi malah yang menikah duluan. Apapun itu, aku akan selalu memanjatkan doa terbaik untuk kehidupan keluarga kecilmu selalu. Semoga menjadi keluarga yang selalu damai dan tentram, Amin.”

*****

“Dulu kita sering banget bolos kelas bareng, nongkrong bareng untuk melihat wanita cantik di cafe, tapi sekarang malah kamu sudah menikah saja. Selamat ya bro, meski aku sedikit terkejut dengan pernikahanmu karena mendahuluiku. Tetapi, Semoga selalu dapat menjadi imam yang baik untuk istri dan anak-anakmu kelak, Amin.”

*****

“Gak ada angin gak ada hujan, tahu-tahu kamu sudah menikah saja. Tapi, selamat ya atas pernikahannya, semoga segera diberikan momongan yang lucu agar sang paman ini dapat mencubit pipinya.”

*****

“Dulu kuliah bareng, ke mall bareng, cari makan bareng, nongkrong di cafe juga bareng. Tapi kenapa menikah kok duluan kamu. Meski begitu, aku akan selalu memberikan doa terbaik untuk dirimu dan keluarga kecilmu. Jadilah seorang istri yang baik bagi suami dan ibu yang selalu bisa menyayangi anak-anaknya. Semoga Allah selalu menyertai keluarga kecil kalian, Amin.”

Ucapan pernikahan untuk guru

Ucapan pernikahan untuk guru

Di dalam agama Islam, pernikahan adalah fitrah manusia yang mana manusia akan mendapatkan tanggung jawab yang sangat berat dimana kamu perlu memperhatikan pendidikan dan juga perawatan dari orang yang berhak mendapatkannya.

Pendidikan adalah salah satu dari bagian dari ibadah dimana setiap umat manusia harus bisa mengoptimalkan penggunaan fungsi tubuhnya. Apabila dasar dari kebutuhan hidup seperti ilmu sudah terpenuhi, maka pernikahan adalah bagian yang harus kamu penuhi juga sebagai bentuk pelengkap ibadah kamu.

Apabila kamu mempunyai seorang guru yang akan melakukan acara pernikahan, sebagai murid yang baik kamu harus bisa membantu beliau untuk melakukan persiapan acara pernikahannya meski hanya dalam skala kecil, itu sudah sangat membantu bagi beliau. Contohnya saja seperti membagikan undangan kepada teman-teman sekelas atau menghantarkan makanan kepada para tamu undangan.

Umumnya, seorang murid juga harus bisa memberikan sebuah hadiah dimana hadiah tersebut dapat mewakili seluru teman di kelas. Usahakan dalam memberikan ucapan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. Boleh kamu menggunakan bahasa yang lucu namun tetap harus sopan.

Dan berikut ini beberapa contoh dari ucapan pernikahan untuk guru yang bisa kamu jadikan referensi.

“Selamat ya pak atas pernikahan bapak, semoga saja Allah selalu memberikan dan juga melimpahkan keberkahan terhadap keluarga bapak, Amin.”

*****

“Selamat pak atas pernikahan yang telah dilangsungkan, kami murid kelas didik bapak mendoakan yang terbaik atas pernikahan agar selalu dilimpahkan berkah oleh Allah. Semoga bapak dan pasangan bapak selalu dipersatukan dengan kebaikan, Amin.”

*****

“Selamat menempuh hidup baru teruntuk guru kami tersayang, semoga kelak kehidupan pernikahan ibu bisa sakinah, mawadah, wa rahmah. Semoga juga kelak mendapatkan momongan yang sholih dan juga sholihah dimana ibu bisa mendapatkan banyak berkah atas anak-anak kelak, Amin.”

*****

“Tak disangka-sangka bahwa guru tersayang kami sudah mendapatkan pasangan sejati yang selalu diimpikan. Semoga selalu di berikan keberkahan agar nanti kehidupan rumah tangganya selalu damai dan menyenangkan. Semoga di berikan kelancaran atas rezeki dan di lancarkan setiap urusan yang dihadapi, Amin.”

*****

“Teruntuk guru favorit kami, selamat atas pernikahannya, semoga semua perjalanan hidup atas rumah tangga ibu diberkahi selalu oleh-Nya atas kebahagian dan juga cinta kasih. Semoga juga diberikan anak-anak yang lucu dan membanggakan, Amin.”

Doa pernikahan dan artinya

Doa pernikahan dan artinya

Pernikahan adalah bagian dari ibadah yang sangat suci dan mulia, ditambah lagi dalam agama Islam sendiri pernikahan itu seperti kata yang diibaratkan dengan kata mitsaqan ghazali yakni janji yang sangat teguh dan juga kuat.

Pernikahan itu bukan hanya sekedar mempersatukan dua insan dalam ikatan cinta yang sah, namun menyatukan dua belah pihak dari keluarga yang berbeda. Intinya adalah bisa mendapatkan restu dan juga ridho adalah suatu hal yang wajib dipenuhi.

Dalam sebuah pernikahan akan banyak sekali hal yang akan kamu persiapkan dan ini juga memakan waktu yang cukup lama. Misal saja seperti mempersiapkan dekorasi, makanan, undangan, pakaian, sepatu, hiasan dan sebagainya.

Nah, kamu yang bisa membantu dalam melakukan persiapan pernikahan untuk sahabat, saudara, atau bahkan teman sudah pasti akan dapat mempererat jalinan hubungan sosial kalian. Karena orang terdekat kita akan menikah, sudah pasti kamu harus memberikan sebuah doa pernikahan yang baik bagi mereka.

Nah, berikut ini kumpulan doa pernikahan yang bisa kamu gunakan sebagai referensi.

Di dalam agama Islam, ada beberapa anjuran atas doa pernikahan yang mana dianjurkan langsung oleh Nabi pada masanya. Doa pernikahan yang mana menjadi anjuran Nabi dan yang paling sering dipergunakan oleh banyak orang adalah.

Barakallahu laka wa Baraka ‘alaikuma wa jama’a bainakumaa fii khoir”.

Doa untuk pernikahan yang satu ini mempunyai arti: Mudah-mudahan Allah akan memberikan berkah kepadamu, baik itu di masa senang dan masa susah dan akan selalu mengumpulkan kamu dan pasangan dalam keadaan apapun. Do’a pernikahan ini memang ada dalam sebuah hadist riwayat Abu Dawud dan telah shahih.

Selain tentang doa diatas, adapun doa pernikahan lain yang juga dianjurkan, yakni:

“Allahumma maghfirlahum wa arkhamhum wa baarika lahum fiimaa razaqtahum”.

Doa pernikahan yang satu ini mempunyai arti: Ya Allah, berikanlah ampun pada mereka, sayangi mereka dan berikan keberkahan pada mereka dari apapun yang engkau berikan kepada mereka.

Untuk doa selanjutnya yang bisa kamu panjatkan yakni:

“Allahumma adz’im man adz’amanii, wawqi man saqaani”

Tentang doa pernikahan yang satu ini memiliki arti: Ya Allah, berikanlah makanan kepada orang yang telah memberikanku makan dan berikanlah minuman kepada orang- orang yang memberikanku minuman.

Doa ini memang sangat cocok untuk diberikan kepada pasangan pengantin untuk mendoakan mereka agar mendapatkan rezeki yang lancar dan juga penuh berkah.

Selain dari tamu yang bisa mendoakan pengantin agar selalu diberkahi dalam kehidupan rumah tangganya. Pengantin juga dapat berdoa agar selalu diberikan kebaikan. Doa tersebut adalah “Allahuma inni as-aluka khairaha wa khaira maa jabaltahaa ‘alaihi wa a’uudzu bika min syarrihaa wa min syarri maa jabaltahaa ‘alihi”.

Doa ini mempunyai arti: Ya Allah sesungguhnya aku meminta kebaikannya serta kebaikan apa yang telah engkau ciptakan pada dirinya. Dan aku meminta perlindunganmu dari apa saja keburukannya yang telah engkau ciptakan kepadanya. Do’a ini di khususkan di baca oleh pengantin pria untuk mendo’akan pengantin wanita.

Semua pembahasan mengenai doa di atas adalah doa yang sangat dianjurkan oleh Nabis dimana doa tersebut sudah mewakili semua doa yang baik untuk para pengantin. Tidak hanya itu, doa ini sudah shahih karena telah diriwayatkan oleh para perowi yang terpercaya di masanya.

Akhirnya, sekian informasi mengenai ucapan pernikahan yang bisa KKPBalikpapan.id berikan kepada kamu. Semoga ucapan pernikahan yang terdiri dari ucapan pernikahan islami, ucapan pernikahan untuk kakak, ucapan pernikahan untuk sahabat, ucapan pernikahan untuk teman, ucapan pernikahan untuk mantan, ucapan pernikahan dalam bahasa Arab dan Inggris, ucapan pernikahan lucu, dan seterusnya dapat menjadi sumber referensi yang baik untuk kita semua, Amin.

Sampai jumpa di artikel berikutnya sobat KKPBalikpapan, bye-bye :*

Adelia Lubis

Adelia Lubis

Believe in yourself and all that you are. Know that there is something inside you that is greater than any obstacle.

Share:

Artikel Terkait